|

Mendatangkan Pengunjung (Visitor) ke Blog atau Website Anda

Artikel Terkait :

Anda sudah punya blog atau website, lalu what’s next? Mau diapakan? Tugas selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung atau traffic. Gimana caranya? Anda harus memberitahukan blog atau website anda pada orang lain. Anda harus membagikan ide-ide yang Anda tuliskan di blog atau website Anda dengan orang lain. Blog atau website yang tampilannya bagus dan isinya menarik, tidak ada artinya tanpa traffic atau pengunjung.

Metode Mendatangkan Pengunjung ke Blog


Ada banyak metode yang bisa kita gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke blog atau website kita.  Diantaranya, dengan menulis artikel (article marketing), masang iklan PPC (pay per click), social networking, blogging, atau social bookmarking. Semua yg disebutkan di atas merupakan metode yang bagus untuk mendatangkan pengunjung. Metode yang disebutkan di atas akan saya bahas terpisah nanti satu per satu, agar lebih jelas dan lebih mendetail.

pengunjung visitor website-blog - traffic
Tampilan Google Analytic
Apapun metode yang nanti akan Anda gunakan, ada beberapa metode untuk mendatangkan pengunjung (visitor, traffic) yang harus Anda hindari. Sekali lagi, harus Anda hindari.

1. Jangan pernah bayar untuk mendatangkan pengunjung (pay traffic). Banyak situs-situs di Internet yang menawarkan agar Anda membeli pengunjung (visitor). Secara umum situs-situs ini menawarkan ratusan atau ribuan pengunjung selama waktu tertentu (biasanya bulanan, 1 bulan, 2 bulan dst) dengan membayar puluhan bahkan ratusan dollar. Kenapa dihindari? Sebelumnya, saya bertanya pada Anda, kira-kira pengunjung seperti apa yang akan Anda dapatkan dengan metode seperti ini? Apakah visitor yang berasal dari sofware atau visitor yang memang benar-benar manusia?

Kalau sasaran yang Anda harapkan adalah orang yang berkunjung ke blog atau website Anda, maka jangan lakukan metode ini. Tetapi kalau memang sasaran Anda adalah mesin atau software sebagai visitor Anda, ya, lakukan metode ini. Tetapi ingat, apa yang Anda harapkan dari sebuah mesin atau software?

2. Jangan menggunakan software iklan otomatis yang akan mengirimkan iklan blog atau website Anda ke ribuan situs tempat pasang iklan. Biasanya sofware semacam ini akan mengirimkan website Anda ke situs iklan baris yang masih baru dan belum terkenal di search engine. Kenapa? Pada akhirnya tidak berguna untuk website Anda, baik dari sisi search engine maupun dari sisi visitor. Dari sisi search engine,  blog atau website anda akan dianggap spam karena dalam hitungan hari saja, link ke situs Anda sudah terdapat di ribuan situs iklan baris. Dan ingat, situs iklan baris di mata search engine, posisinya lemah.

3. Jangan menggunakan pop up (halaman yang muncul di atas halaman blog atau website Anda). Tidak ada orang yang suka dengan pop up, dan kebanyakan orang akan langsung menutup menu pop up ini tanpa melihat apa isinya. Dan browser-broser sekarang (firefox, internet explorer, opera, safari dll) dilengkapi dengan tool untuk memblokir pop up.

2 Sumber Utama Visitor untuk Blog

Pada dasarnya, ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan visitor ke blog atau website Anda. Pertama, dari search engine (Google, Yahoo, MSN, AOL, Bing dll). Tentunya website atau blog Anda harus ada di halaman pertama (10 besar) pencarian dari keyword Anda. Di halaman kedua (20 besar) akan kecil kemungkinannya, karena orang jarang sekali mau melihat halaman kedua, ketiga dst. Untuk mencapai halaman pertama di search engine, akan saya bahas nanti pada artikel tersendiri. Sabar ya.

Kedua, dari refferal site. Sebuah situs mereferensikan website atau blog Anda. Ini biasanya berasal dari social networking atau social bookmarking. Sebenarnya yang mereferensikan blog atau website Anda adalah orang pengguna social networking. Jadi ini adalah benar-benar pengunjung (real traffic). Metode ini akan saya bahas lebih detail lagi pada bagian terpisah. Silahkan Kunjungi Link ini: Efek social media terhadap traffic blog.

Selamat Berpromosi.


Bookmark and Share


0 comments for "Mendatangkan Pengunjung (Visitor) ke Blog atau Website Anda"

Silahkan Beri Komentar

ARTIKEL POPULER

Komentar Terbaru

Posting Terbaru