|

Belajar Bisnis Online lewat Blog

Artikel Terkait :

Dalam memulai bisnis online, ketika dana/uang menjadi suatu masalah, disarankan untuk menggunakan layanan yang gratis. Disamping untuk menghemat pengeluaran Anda, juga agar uang yang Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia. Karena akan banyak hal yang perlu kita pelajari nantinya. Nah, selama masa pembelajaran ini seringkali atau pada umumnya Anda masih kesulitan menghasilkan uang dari kegiatan bisnis internet ini.

Gunakan Layanan GRATIS!


Mengapa saya menyarankan, menggunakan layanan GRATIS? Ada efek psikologinya juga. Ketika Anda memulai belajar berbisnis online, Anda tidak terbebani dengan kerugian yang Anda alami ketika menggunakan layanan berbayar. Logikanya begini, ketika selama belajar Anda sudah terbebani dengan pikiran untuk mengembalikan uang yang Anda keluarkan, fokus Anda telah berpindah dari "belajar" menjadi "uang". Sehingga proses belajar menjadi terganggu, dan hasilnyapun akan tidak maksimal. Uang tidak dapat dan proses belajarnya tidak berjalan dengan baik.

blogspot
Tampilan Blogger.com
Sebagai langkah awal, Anda bisa menggunakan blog dari BLOGGER atau WORDPRESS. Pada prinsipnya, keduanya hampir sama.Untuk tutorial atau cara menggunakan kedua flatform blog ini, Anda bisa mempelajarinya pada bagian tutorialnya. Keduanya sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia.

Untuk memulai blog di blogger kita hanya perlu sebuah account email. Disarankan Anda menggunakan email dari google GMAIL agar nantinya lebih mudah dalam menggunakan layanan google yang lainnya. Misalnya, adwords, adsense, (Anda akan membutuhkan layanan ini nantinya) dan masih banyak lagi. Dan untuk wordpress-pun, kita bisa menggunakan account gmail ini.

Pilih Wordpress atau Blogspot?

Bagi Anda yang sudah mengerti bahasa pemrograman HTML, ada baiknya menggunakan BLOGGER. Kita bisa mnegutak-atik tampilan lewat HTML. Tetapi jika tidak mau repot-repot, silahkan gunakan wordpress.com.

Salah satu kelebihan blog wordpress.com dibanding blogspot.com adalah flatform wordpress biasanya lebih cepat terindeks di search engine seperti google, yahoo, bing dll. Hanya kelemahan blog wordpress adalah Anda tidak bisa menampilkan kode javascript seperti kode dari google adsense, sementara di blogspot kita bisa menampilkannya.

wordpress blog
Tampilan Wordpress.com
Untuk cara membuat blog di blogspot atau wordpress, silahkan Anda pelajari sendiri. Saya tidak memberikannya disini. Tujuannya, agar Anda terbiasa nantinya untuk mempelajari aturan-aturan yang tercantum dalam setiap layanan yang anda ikuti. Banyak yang baru belajar berbisnis online di internet, tidak peduli dengan aturan (term and conditions) yang berlaku, yang pada akhirnya justru merugikan mereka sendiri. Satu hal lagi adalah agar Anda tidak mudah tertipu dengan iming-iming bisnis online yang menggiurkan, yang seperti itu banyak bertebaran di internet.

INGATLAH!! Jangan pernah PERCAYA dengan bisnis internet yang menjanjikan Anda bisa cepat kaya dalam waktu singkat, bahkan tanpa bekerja.


Bookmark and Share


0 comments for "Belajar Bisnis Online lewat Blog"

Silahkan Beri Komentar

ARTIKEL POPULER

Komentar Terbaru

Posting Terbaru