| ,

8 Metode Meningkatkan Penghasilan dari Google Adsense

Artikel Terkait :

Anda menggunakan iklan google adsense di blog atau website Anda? Berapa penghasilan yang sudah Anda dapatkan? Apakah sudah sesuai dengan harapan Anda? Jika belum, mungkin Anda perlu melakukan pendekatan yang berbeda dengan yang Anda lakukan sebelumnya.

Tips ini ditujukan untuk meningkatkan CTR (click-through-rate) yang secara otomatis menambah penghasilan Anda. Ini tidak hanya berlaku untuk iklan dari google adsense saja, tetapi secara umum untuk iklan dengan basis klik (click based). Iklan yang membayar Anda ketika ada yang mengklik iklan di blog atau website Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penghasilan dari program Google Adsense.
1. Menambah Content atau Page – Ya ini kedengarannya sangat klasik. Tentu dengan semakin bertambahnya content atau page dari blog/website Anda, kemungkinan dibaca oleh orang lain akan semakin besar. Dan peluang iklan adsense diklik akan makin besar juga. Akhirnya hasil dari goggle adsense juga bertambah.

2. Jangan merubah warna text dalam blog atau website Anda. Anda boleh percaya atau tidak, dengan mengganti warna text dalam blog atau website Anda, akan menurunkan CTR (click-through-rate) adsense. Jadi untuk isi blog atau website, gunakan warna tulisan hitam. Untuk judul, Anda boleh menggunakan warna-warna lain, tetapi untuk isi gunakan hitam.

3. Gunakan iklan teks – Jangan membuang waktu dan tenaga Anda dengan memasang iklan banner adsense. Beberapa riset telah menunjukkan bahwa iklan banner mempunyai CTR lebih rendah diabanding iklan teks. Ya, iklan banner memang akan mempercantik tampilan blog atau website Anda, tetapi secara psikologis orang akan cepat beranggapan bahwa banner itu adalah iklan. Dan sayangnya juga, enggan untuk mengklik banner Anda. Gunakan adsense teks, maka CTR Anda akan meningkat.

4. Gunakan jumlah iklan adsense yang wajar dalam satu halaman. Sampai saat ini topik ini masih diperdebatkan oleh para marketer online. Ada yang mengatakan, semakin banyak iklan maka CTR makin besar. Di satu sisi teori ini ada benarnya, karena peluang klik yang kita dapatkan makin besar. Tetapi harap di ingat bahwa harga setiap klik dalam google adsense tidak sama. Jika blok iklan yang Anda tampilkan dalam satu halaman sangat banyak, maka harga setiap kliknya akan rendah.

Google sendiri telah menetapkan batas iklan yang boleh ditampilkan dalam satu halaman, yaitu 3 iklan berbasis content (adsense content) dan 2 iklan berbasis link (adsense link) . Secara pribadi saya menyarankan agar Anda memasang iklan (gabungan content dan link) antara 2-4 iklan dalam satu halaman. Sebelum Anda memutuskan saya mau bertanya, apa yang ada dalam pikiran Anda jika menemukan sebuah halaman blog atau website dengan blok iklan yang banyak? Dan apa yang Anda lakukan?

5. Gabungkan tampilan iklan dengan blog/website Anda. Pastikan bahwa iklan yang tampil di halaman blog Anda sesuai dengan isinya. Jangan menampilkan iklan yang tidak relevan. Dan sesuaikan warna antara iklan dan isi website Anda.

6. Gunakan keywords dengan harga per klik yang tinggi. Ini memang menjadi sebuah dilema. Satu sisi, dengan mengambil keyword ini, harga per klik yang kita dapatkan akan tinggi sehingga penghasilan dari adsense juga tinggi. Tetapi di sisi lain, biasanya keyword-keyword dengan harga tinggi ini sudah dikuasai oleh para top marketing online atau perusahaan besar, sehingga peluang Anda untuk mencapai rangking tinggi di Search Engine makin berat.
Tetapi tentu Anda juga tidak mengharapkan penghasilan dari blog atau website dengan keyword yang tidak pernah dicari di internet.

7. Konten yang berkualitas – Ini juga masalah klasik dan umum tetapi tidak ada yang bisa menentukan bagaimana konten berkualitas itu. Anda yang menentukan standar bagi blog atau website Anda. Apakah menurut Anda konten seks dan pronografi itu berkualitas? Tetapi seks dan pornografi adalah salah satu keyword yang banyak dicari orang di internet.

8. Traffic atau pengunjung. Ini adalah faktor utama dalam sebuah website. Dan menjadi faktor penentu berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan dari adsense Anda. Tidak masalah apapun keyword yang Anda targetkan, selama pengunjung website Anda membludak, maka keyword Anda nantinya akan berharga tinggi. Semakin banyak orang yang mencari keyword Anda, semakin tinggi nilainya.

Dari 8 point yang saya berikan di atas, Anda perlu membarikan perhatian ekstra pada point no. 1, 7 dan 8. Point-point inilah faktor utama dalam menentukan penghasilan Anda dari adsense. Untuk point-point lainnya, hanyalah sebagai trik untuk menambah CTR adsense Anda.

Anda punya pendapat berbeda tentang masalah di atas atau ada point yang ingin Anda tambahkan, silahkan tinggalkan komentar Anda.


Bookmark and Share


0 comments for "8 Metode Meningkatkan Penghasilan dari Google Adsense"

Silahkan Beri Komentar

ARTIKEL POPULER

Komentar Terbaru

Posting Terbaru