|

Kesalahan Terbesar Dalam Mengejar Traffic

Artikel Terkait :

Dalam melakukan bisnis online, orang masih sering salah kaprah tentang mempromosikan blog atau website untuk mendatangkan pengunjung (visitor). Hal ini masih sama dengan yang terjadi di dunia offline. Kehidupan sehari-hari. Misalkan Anda punya produk. Sebagus apapun produk Anda dan semurah apapun harganya, kalau tidak ada orang yang tahu, maka produk Anda tidak akan ada yang beli.

Bisnis Online pun sama. Produk atau materi dalam blog atau website Anda, bagaimanapun itu, bagus atau jelek, harus Anda beritahu sama orang lain. Biarkan orang lain yang menilainya.

Kesalahan terbesar dalam melakukan bisnis online adalah DO NOTHING. Tidak melakukan apa-apa.

Anda hanya membuat produk atau materi website Anda menjadi tak bernilai dan tidak ada orang yang tahu. Sekarang bukan lagi era dimana pembeli yang mencari produk, tetapi produk yang mencari pembeli. Tidak ada lagi istilah “bikin website atau blog lalu biarkan maka pengunjung akan datang sendiri”.

cara mendatangkan pengunjung visitor
Grafik Visitor Traffic
Atau mungkin Anda pernah melihat atau membaca testimoni atau promosi dari situs penghasil uang? “Anda daftar maka uangpun akan membanjiri rekening Anda”, “Bahkan saat tidurpun, uang anda akan mengalir terus”, “Saya hanya daftar saja lalu saya biarkan berbulan-bulan, tahu-tahu waktu saya ke bank, buku rekening saya harus ganti sampai dua kali untuk mencatat transaksi yang masuk”. Apakah Anda Percaya?

Kesalahan kedua adalah tidak mengetahui dari mana pengunjung (visitor) yang datang ke website atau blog Anda.
Kalau Anda tidak tahu dari mana visitor Anda, maka Anda tidak tahu harus berbuat apa dan Anda akan gagal. Mengetahui pengunjung (visitor) Anda, akan memudahkan untuk mengetahui dimana posisi kelemahan dan kekuatan dari website atau blog Anda. Terserah apa isi dari situs Anda. Misalkan, pengunjung Anda hampir 90% adalah orang Indonesia, lalu buat apa Anda capek-capek mengiklankan website Anda di situs-situs luar negeri. Ataupun sebaliknya.

Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk mengetahui dari mana pengunjung berasal. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Google Analityc salah satunya. Sitemeter, histats, feedjit dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari lewat om Google dengan keyword visitor track, visitor, visitor tracking dll.

So, promosikan website atau blog Anda. Cari metode promosi yang gratis agar tidak membebani keuangan Anda. Sesuai dengan misi blog ini, “belajar bisnis online” maka semua metode yang dijelaskan dan selanjutnya adalah metode-metode yang gratis. Dan kalaupun ada yang harus bayar, tentunya harus sangat murah.

Metode pertama yang bisa dan mudah Anda lakukan adalah memberitahu teman-teman Anda. Teman sekolah, teman kerja, kuliah atau teman apa aja. Dan ini sekaligus juga bertujuan mendapatkan feedback untuk memperbaiki website atau blog Anda. Mungkin mereka kurang suka dengan tampilan atau isinya. Anda bisa meminta pendapat dari teman-teman Anda sekaligus promosi.

Catatan dari saya, kalau Anda masih dalam tahap awal membangun sebuah website atau blog, jangan terlalu banyak mencurahkan waktu dan tenaga Anda untuk mencari posisi top ten di search engine ataupun ribet dengan urusan SEO. Kerahkan energi Anda untuk urusan tampilan dan isi dengan melibatkan orang-orang yang Anda kenal. Apa yang bisa Anda harapkan dari website atau blog yang masih berumur seminggu atau sebulan?


Bookmark and Share


0 comments for "Kesalahan Terbesar Dalam Mengejar Traffic"

Silahkan Beri Komentar

ARTIKEL POPULER

Komentar Terbaru

Posting Terbaru